FAQ Penggunaan CDP Tender Konstruksi Secara Elektronik V.1.1 pada SPSE V.3.6 dan V.4.2 – Catatan Pengadaan Barang/Jasa
Kam. Agu 16th, 2018

FAQ Penggunaan CDP Tender Konstruksi Secara Elektronik V.1.1 pada SPSE V.3.6 dan V.4.2

    Setelah dirilis CDP Tender Konstruksi V.1.1 maka dalam rangka implementasi perlu tutorial yang mencakup syarat dan kondisi penggunaan CDP pada SPSE V.3.6 dan V.4.2

+ Kapan CDP ini dapat diterapkan?

  • CDP ini digunakan untuk pengadaan yang pengumuman RUP-nya sejak tanggal 1 Juli 2018 sesuai dengan Pasal 89 Perpres 16/2018 Pengadaan Barang/Jasa yang persiapan dan pelaksanaan dilakukan sebelum tanggal 1 Juli 2018 dapat dilakukan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 dan seluruh perubahannya. Pengumuman RUP adalah awal dari proses pelaksanaan dan pelaksanaan tidak dimungkinkan tanpa adanya persiapan, maka dari itu penggunaan Perpres 16/2018 mengikat pada paket pengadaan yang RUP nya diumumkan sejak tanggl 1 Juli 2018.

+ Bagaimana jika SPSE V.4.3 yang mengakomodir Perpres 16/2018 belum release?

  • Justru dengan tujuan inilah CDP disusun sebagai bahan alternatif sebelum SPSE V.4.3 dan seluruh kelengkapannya release termasuk Standar Dokumen Pengadaan (SDP) berdasarkan UU 2/2017 tentang Jasa Konstruksi. Sesuai pasal 93 Perpres 16/2018 disebutkan bahwa Pada saat Peraturan Presiden ini mulai berlaku, semua peraturan pelaksanaan dari Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 dan seluruh perubahannya dinyatakan masih tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dan/atau belum diganti dengan ketentuan dalam Perpres 16/2018 dan seluruh turunannya.

    Kemudian Penyesuaian istilah pada aplikasi merujuk pada Keputusan Deputi Bidang Monitoring Evaluasi Dan Pengembangan Sistem Informasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elekronik Di Bawah Versi 4.3 Untuk Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018.

    Dengan demikian penggunaan proses tender tidak boleh terhenti hanya karena SPSE V.4.3 belum release. Penggunaan SPSE V.3.6 sampai dengan tahun 2019 tetap dapat digunakan.

+ Karakteristik Pekerjaan Konstruksi seperti apa yang dapat menggunakan CDP ini?

  • CDP ini sesuai untuk karakteristik paket pekerjaan konstruksi sederhana. Artinya klasifikasi paket Usaha Kecil yang diperuntukkan kualifikasi perusahaan Kecil baik K1,K2 atau K3.
  • CDP ini juga tidak mengakomodir KSO, Sub Kontrak/Sub Penyedia dan Preferensi/ TKDN, mengingat ditujukan untuk pekerjaan sederhana dan klasifikasi usaha kecil.

+ Metode yang dipakai dalam CDP ?

  • Tender Pascakualifikasi, Satu File, Harga Terendah, Kontrak Gabungan Lum Sum dan Harga Satuan. Khusus untuk jenis kontrak harga satuan silakan disesuaikan seperlunya misal tata cara bagian lumsum dihilangkan.
  • Untuk jenis kontrak lumsum perubahan bersifat substansial sehingga dalam melakukan ubah suai harap diperhatikan betul-betul aspek kunci yang mengikat pada kontrak lumsum. Misal pada bagian bentuk Surat Perjanjian dan SSUK harus diperhatikan kedudukan urutan spesifikasi dan gambar harus lebih tinggi dibanding Daftar Kuantitas dan Harga.

+ Untuk SPSE V.3.6 apakah dokumen ini dapat langsung diupload ke dalam sistem?

  • Mengingat SPSE V.3.6 menganut Dokumen Pemilihan Soft File maka silakan sesuaikan karakteristik paketnya saja. Sementara tata cara selama dianggap cocok dan sesuai dengan kebutuhan dapat langsung dipergunakan. Sebagai catatan yang wajib diubahsuaikan mengingat base dokumen adalah SPSE V.4.2 adalah :

    Pasal 23.2 diubah menjadi : 23.2    peserta mengunggah (upload) file penawaran administrasi, teknis dan harga
    yang telah terenkripsi (*.rhs) melalui aplikasi SPSE sesuai jadwal yang ditetapkan setelah File penawaran administrasi, teknis dan harga
    dienkripsi menggunakan Apendo.

    Pasal 23.3 dihapus.

Pasal 27.4 diubah menjadi : 27.4 Sebelum evaluasi penawaran, dilakukan koreksi aritmatik dengan ketentuan:

Pasal 27.15.a dihapus

Bentuk surat penawaran silakan mengambil standar dokumen Perka 1/2015. Karena pada SPSE 3.6 surat penawaran sifatnya upload bukan input.

+ Bagaimana untuk SPSE V.4.2?

  • Untuk SPSE V.4.2 Bagian IKP dipisahkan dari bagian lain untuk kemudian diberi judul “Perubahan/Addendum IKP” kemudian convert menjadi PDF dan diupload pada menu Informasi tambahan.
  • Untuk LDP informasi yang tidak terdapat pada sistem dapat diinput pada kolom Ketentuan tambahan lainnya.
  • Untuk LDK dapat disesuaikan pada masing-masing kolom persyaratan.
  • SSKK dapat disesuaikan jika masih terdapat informasi SSKK yang perlu ditambahkan dapat ditambahkan pada menu informasi tambahan dengan memberikan keterangan tambahan SSKK.

Sekian dulu FAQ yang dapat disusun, konten akan terus disempurnakan sejalan dengan saran, masukan dan koreksi dari kawan-kawan yang bersedia menyampaikan Feedback melalui cafe2cafepengadaan@gmail.com

Print Friendly, PDF & Email

2 thoughts on “FAQ Penggunaan CDP Tender Konstruksi Secara Elektronik V.1.1 pada SPSE V.3.6 dan V.4.2

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.