Mengingat deras dan banyaknya diskusi melalui berbagai kanal terkait penanganan kontrak akhir tahun maka material yang pernah saya paparkan diberbagai kegiatan termasuk cafe2cafe procurement sepertinya perlu juga untuk dibagi.

Sebenarnya ini termasuk salah satu bagian yang saya sangat hindari untuk dibagi karena berisi materi yang sangat bersentuhan dengan pemahaman hukum dan aturan. Selain itu tidak ada solusi terbaik untuk pengadaan barang/jasa yang aman, selain menghindari risiko diantaranya keterlambatan.

Keterlambatan adalah penyakit maka solusinya adalah obat. Untuk itu penyakit “keterlambatan” tidak boleh direncanakan, karena sama dengan merencanakan penyakit. Meskipun kemudian ada obatnya. Obat ini pun belum tentu manjur karena sifatnya menahan penyakit bukan mencegah. Maka dari itu solusi terbaik adalah hindari penyakit dan hindari obat. Hindari potensi keterlambatan dan hindari solusinya.

Akhir kata semoga bahan ini bisa menjadi salah satu obat yang cukup manjur mengamankan pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang terlanjur mengidap penyakit. Silakan didiskusikan.

Download

Print Friendly, PDF & Email